Kamis, 11 April 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    STANDAR KOMPETENSI
·        Memahami konsep barisan dan deret aritmatika

B.    KOMPETENSI DASAR
·        Menentukan suku ke-n dan suku tengah barisan dan jumlah n suku deret aritmatika

C.     WAKTU
·        1 X 30 menit


I.                   INDIKATOR
·        Menjelaskan pengertian-pengertian barisan dan deret aritmatika
·        Menentukan suku ke-n dan suku tengah barisan bilangan aritmatika
II.                 TUJUAN PEMBELAJARAN
·        Setelah mempelajari materi barisan dan deret siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian barisan dan deret
·        Siswa dapat menentukan rumus suku ke-n dan rumus suku tengah barisan
III.              MATERI AJAR
·        Pengertian barisan dan deret aritmatika
IV.              STRATEGI PEMBELAJARAN
·        Metode pembelajaran : Ceramah dan tanya jawab
V.                LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Waktu
1.Kegiatan awal
  - Sapaankepada siswa dan mengecek aktivitas siswa        
Tanya jawab yang berkaitan dengan
Barisan dan deret
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan barisan dan deret

5 menit
2.Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang pengertian barisan dan deret

Guru memberikan satu contoh soal .Setelah contoh soal terssebut dikrerjakan,guru kemudian memberikan beberapa soal latihan kepada siswa.


3.Kegiatan akhir         
Guru bersama siswa merangkum materi yang telah dipelajari tadi

Guru memberikan pujian untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan-pertantaan yang baik.
Memerhatikan apa yang dijelaskan guru,agar dapat mengerti tentang apa itu barisan dan deret, dan kemudian dapat menentukan suku ke-n dan suku tengah barisan.Dan kemudia
siswa dapat membuat rangkuman tentang materi  barisan dan deret










10 menit







10 menit

VI.              MEDIA DAN SUMBER AJAR
·        Media : Rumus suku ke –n dan rumus suku tengah barisan dari manila karton
·        Sumber ajar : Buku teks Matematika SMA kelas XII
VII.           PENILAIAN
Teknik : Non tes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar